Pada dasarnya hubungan dibangun melalui komunikasi, dan sebaliknya tanpa adanya komunikasi hubungan akan hancur. Bila hubunganmu mulai meregang dengan tempat kerja, bisnis, tim, dan klien, kamu perlu melakukan sesuatu untuk memperbaikinya.
Berikut empat langkah bagus yang bisa kamu jadikan referensi dalam memperbaiki hubunganmu dengan mitra kerja.
1. Menyelaraskan pendapat dan pandangan
Bila kamu memiliki komitmen yang keras terhadap waktu, energi, dan emosi itu bagus, mengingat pekerjaanmu memang menuntut akan hal itu. Namun, jangan memaksa orang lain untuk membuat mereka memiliki cara yang sama denganmu. Sebab belum tentu orang lain selaras dengan pola pikir seperti itu.
Jika orang lain mulai merasa tak nyaman untuk bekerja sama denganmu, maka bisnismu bersamanya akan berakhir, karena masing-masing dari kalian memiliki komunikasi yang buruk karena pemaksaan kehendak.
Jadi mulailah untuk berdialog eksplisit kepada mitramu tentang beberapa hal seperti "Mengapa melakukannya?" "Untuk apa?" "Apa untungnya bagi kita masing-masing?" dan "Mengapa sekarang?" Agar komunikasimu lebih terjaga dalam alur tanya jawab pendapat yang ramah. Hal itu berguna untuk menjaga kondisi nyaman di antara kalian.
2. Perbaiki Hubungan
Untuk yang satu ini masing-masing dari kalian harus jujur satu sama lain. Diskusikanlah setiap masalah di antara kalian dengan tenang, dan tanpa memotong pembicaraan. Dengan mengetahui kekurangan masing-masing, kalian bisa saling memaafkan dan melupakan masa lalu guna menciptakan kemungkinan ruang baru di dalam hubungan.
3. Buat masa depan yang baru
Setelah memperbaiki hubungan dengan mitra kerjamu, mulailah untuk melangkah ke tahap berikutnya. Dimana kalian saling merencanakan masa depan bisnis bersama-sama. Buatlah perencanaan melalui komunikasi yang mengalir dan sehat guna menemukan solusi bagus agar bisnis kalian kembali berjalan.
Gunakan bahasa diskusi yang interaktif dan bersemangat seperti "Saya benar-benar ingin kita untuk …." "Ini akan menjadi begitu besar jika kita …." Dan "Bagaimana jika kita melakukannya bersama-sama …" dengan komunikasi seperti ini mitra kerjamu akan sepakat dengan cara pandang barumu.
4. Komitmen Pada Janji
Setelah beritikad baik untuk memperbaiki hubungan, kamu harus membuktikannya dengan tindakan nyata. Realisasikan setiap poin janjimu secepat mungkin, guna memperkuat kepercayaan mitra kerja terhadapmu.
Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki relasi Anda dengan Mitra Bisnis yang telah rusak. Dan ingatlah bahwa kepercayaan itu mahal harganya, dan apabila Anda telah berhasil memperbaikinya, jangan coba melakukan kesalahan yang dapat menghancurkan hubungan itu kembali.
No comments:
Post a Comment