Mengenal Berbagai Jenis Plastik

Plastik dan damar tiruan adalah suatu polimer bahan ini mempunyai sifat plastis yaitu dapat diubah-ubah bentuknya sehingga mudah dibentuk karena pengaruh panas dan tekanan. Polimer merupakan senyawa alami atau sintetik. Biasanya struktur molekul merupakan hasil pengulangan dari suatu unit sederhana. Untuk membuat polimer, monomer harus mengalami reaksi kimia, reaksi ini disebut Polimerisasi. Sebenarnya reaksi ini merupakan suatu proses yang rumit walaupun di dalam teori seperti sederhana.

Polimerisasi dapat diartikan sebagai reaksi kimia penggabungan molekul yang sama (monomer) sehingga berbentuk molekul besar (makro molekul) yang berat molekulnya berlipat ganda dengan berat molekul zat asal. Apabila polimerisasi dibuat dari satu macam monomer disebut homopolimer, apabila yang beraksi dua macam monomer atau lebih peristiwa itu dinamakan kopolimerisasi adisi. Ada proses lain yang dalap ditempuh untuk menggabungkan molekul suatu monomer yaitu yang disebut Polimerisasi Kondensasi. Polimerisasi Kondensasi adalah suatu reaksi penggabungan dua molekul atau lebih dengan pemisahan ait atau zat sederhana. Jika terjadi suatu makro molekul, peristiwa itu dinamakan Polikondensasi. apabila terbentuk rantai molekul yang panjang, suatu dengan yang lainnya dapat membentuk jaringan tiga domensi, disebut crosslinking.

Plastik dan damar tiruan merupakan bahan baku untuk industri plastik. Plastik dan damar tiruan yang beraneka ragam tersebut dapat dikelompokkan dalam dua kelompok besar yaitu :

Kelompor Termoplastik
Bahan plastik kelompok ini akan melunak dana mencair bila dipanaskan, seterusnya dapat dibentuk sesuai maksud dan kemudian akan mengeras kembali bila didinginkan. Bahan plastik kelompok ini dapat diproses berulang-ulang

Kelompok Termosetting
Bahan plastik ini bila dibentuk barang jadi plastik (setelah mengalami proses pemanasan) akan mengalami perubahan struktur molekul aslinya karena telah terjadi Crosslinking. Kelompook bahan plastik ini bila sudah menjadi produk plastik tidak dapat diproses ulang kembali.

Bahan Plastik yang beraneka ragam sebelum menjadi barang plastik (produk jadi plastik) harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Proses pengolahan bahan plastik yang paling banyak digunakan adalah proses sebagai berikut :
  • Extrusion                 : membuat pipa
  • Blow Moulding         : membuat botol
  • Injection Moulding   : membuat barang rumah tangga
  • Compression           : membuat barang rumah tangga
  • Laminating               : membuat furniture
  • Foaming                   : membuat produk jasa
  • Powder Moulding     : membuat barang yang dibuat dengan tuangan (casing)

No comments: